Friday, November 30, 2012

Nikotin dalam tembakau










Nikotin dengan rumus molekul C10H14N2, merupakan komponen aktif  farmakologis    yang utama dari tembakau, Nikotiana tabacum. Nikotin adalah suatu alkaloid dengan nama kimia 3-(1-metil-2-pirolidil) piridin. Saat diekstraksi dari daun tembakau, nikotin tak berwarna, tetapi segera menjadi coklat ketika  bersentuhan dengan udara. Sifat fisik dari nikotin adalah Cairan berminyak yang higroskopik, bercampur dengan air baikdalam bentuk basa bebas atau dalam bentuk garamnya. Mempunyai duasistem cincin nitrogen: satu adalah piridin dan yang lain adalah pirolidin,sehingga dapat dikelompokkan dalam alkaloid piridin maupun pirolidin.





Pada biosintesis nikotin, cincin pirolidin berasal dari asam amino ornitin   dan cincin  piridin  berasal  dari  asam  nikotinat  yang ditemukan  dalam  tumbuhan tembakau. Gugus amina yang  terikat pada ornitin digunakan untuk membentuk cincin pirolidin dari nikotin.

 



3 comments:

  1. Pada biosintesis di atas dapat dilihat pada senyawa ornitin terjadi reaksi deaminasi ( penghilangan guugus amin ) setelah itu terbentuk gugus aldehida ( -COH ),
    Bagaimanakah proses pembentukan gugus aldehida tersebut ?

    ReplyDelete
  2. Menurut saya pada proses biosintesis diatas, senyawa ornitin direaksikan terlebih dahulu dengan metanol. Dan gugus metil menyerang salah satu gugus amina pada senyawa ornitin ( metilasi ). Lalu –OH menyerang atom C yang kehilangan gugus amina menjadikan atom C stabil. Pada gugus –OH, H akan lepas dan terikat di atom C dan atom O akan kekurangan elektron dan terdelokalisasi membentuk ikatan rangkap.

    ReplyDelete
  3. Dari skema biosintesis diatas terlihat adanya gugus aldehida pada senyawa ornitin. Gugus tersebut terbentuk dari gugus –OH yang terdapat pada metanol. Sebelumnya ornitin direaksikan suatu alkohol ( metana ). Terjadinya proses deaminasi ( penghilangan gugus –OH ) menyebabkan atom C kelebihan elektron sehingga dengan mudan gugus –OH tersebut menempel pada atom C. Dari sinilah akhirnya terbentuk gugus aldehida.

    ReplyDelete